SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Atasi Jamur pada Tas dan Sepatu Kulit

Tips Atasi Jamur pada Tas dan Sepatu Kulit

Diposting pada 28 Januari 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 5 kali

Beberapa waktu lalu beredar beberapa foto di media sosial yang menunjukkan produk tas dan sepatu bahan kulit di sebuah pusat perbelanjaan di Malaysia terserang jamur. Kabarnya, jamur tersebut tumbuh karena pendingin ruangan mal dimatikan selama lockdown atau karantina wilayah selama dua bulan akibat pandemi Covid-19.

Sepatu, tas, dan aksesori dari bahan kulit rentan terhadap jamur jika disimpan dengan tingkat kelembapan dan panas terlalu tinggi. Jika masalahnya tak segera diatasi, jamur dapat merusak permukaan kulit secara permanen dan mudah menyebar ke barang-barang lainnya.

Selagi di rumah saja, yuk luangkan waktu untuk mengecek kondisi sepatu atau tas kulit Anda. Bila terlihat ada jamur, segera bersihkan dengan bahan-bahan pembersih di rumah.

Bahan yang dibutuhkan meliputi deterjen ringan, pemutih klorin, spiritus, kondisioner kulit, kertas, tisu, kain atau spons, dan pemutih berbasis oksigen (opsional). Untuk alat, Anda membutuhkan sikat berbulu halus dan ember.

Melansir dari laman The Pruces, Rabu, 13 Mei 2020, berikut langkah membersihkan dan cegah jamur pada tas, sepatu, atau busana Anda.

1. Simpan dengan tepat

Kunci untuk mencegah tumbuhnya jamur pada produk berbahan kulit adalah mengontrol suhu, aliran udara, dan kelembapan tempat penyimpanan. Untuk mengurangi kelembapan udara, Anda bisa menggunakan dehumidifier dan fondasi kedap air.

Selain itu, rutin mengecek tas atau sepatu kulit sebagai pembersihan awal. Gunakan sikat berbulu halus atau kain kering bersih untuk tangkal jamur.

2. Menghilangkan jamur

Dalam wadah bersih, campurkan air dingin biasa dengan alkohol. Gunakan kain putih bersih dan celupkan ke dalam larutan di atas, kemudian seka bagian berjamur. Untuk sepatu, gunakan kapas untuk mengatasi celah-celah.

Setelah diseka, lap dengan kain bersih lain yang sudah dicelupkan ke dalam air biasa. Biarkan barang mengering jauh dari panas langsung atau sinar matahari.

Untuk sepatu dan boots, lebih baik mengisi bagian dalamnya dengan kertas putih biasa untuk membantu mempertahankan bentuknya. Jangan gunakan kertas koran sebab bisa meninggalkan bekas tinta di kaus kaki dan kaki.

3. Bersihkan permukaan

Dalam wadah plastik kecil atau ember, campur larutan deterjen ringan atau sabun pelana kulit dan air hangat. Gunakan kain atau spons bersih dan bersihkan semua permukaan kulit dan kulit imitasi (jangan lupa bagian dalam sepatu).

Siapkan kain lain untuk membersihkan sisa-sisa sabun. Terlebih dahulu, kain dicelupkan ke dalam air biasa.

4. Keringkan secara alami

Gantung pakaian kulit di gantungan yang kokoh atau letakkan barang di permukaan yang rata agar kering. Jangan letakkan tas kulit atau produk berbahan kulit di bawah sinar matahari langsung. Anda juga bisa manfaatkan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.

5. Rekondisi Kulit

Kulit adalah produk alami dengan kandungan minyak yang harus dipertahankan atau permukaannya bisa pecah. Setelah lapisan kulit benar-benar kering, gunakan kondisioner kulit untuk mengembalikan kilau seperti awal. Ikuti instruksi produk saat menggunakannya.

 

Tips Atasi Jamur pada Tas dan Sepatu Kulit | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: Tips Atasi Jamur pada Tas dan Sepatu Kulit

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sepatu Adidas KW Harga Selangit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Adidas KW Harga Selangit *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW141
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW141
QUICK ORDER
Nike Run Merah Paling Ciamik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Nike Run Merah Paling Ciamik Rp 42.500
Ready Stock / SKW288
Rp 42.500
Ready Stock / SKW288
STOK HABIS
Grosir Sepatu Adidas Murah For Man

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu Adidas Murah For Man *Mulai Rp 52.904
Habis / SKW168
*Mulai Rp 52.904
Habis / SKW168
SIDEBAR