SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » Proses Pembuatan Sepatu Dengan Cara Simpel

Proses Pembuatan Sepatu Dengan Cara Simpel

Diposting pada 19 November 2020 oleh sepatukw | Dilihat: 1 kali

Proses Pembuatan Sepatu Dengan Cara Simpel

Hey..yo.. Shoes Lovers pernahkah kalian berkunjung ke tempat pembuatan sepatu? Ya, sepatu yang berfungsi sebagai pelindung kaki memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pecintanya. Hal ini disebabkan oleh model-model yang unik dari sepatu dan juga warna-warna indah yang dapat dipadupadankan dengan busana yang akan kita kenakan. Selain itu, kenyamanan sepatu ketika dikenakan juga menjadi faktor penting yang dipertimbangkan oleh para pembeli sepatu. Taukah Anda apa saja elemen penting pada sepatu? Sepatu memiliki dua elemen penting yaitu Upper dan Bottom. Upper merupakan elemen penting yang terdapat pada bagian atas sepatu. Bagian ini tersusun atas bagian ujung sepatu, bagian sisi kanan dan bagian sisi kiri sepatu, bagian lidah sepatu, sampai ke bagian belakang sepatu. Bagian Upper sepatu memiliki kharakteristik yaitu berbahan kain sintesis atau kulit yang dirakit melalui proses penjahitan. Sedangkan bagian Bottom merupakan elemen penting yang terdapat pada bagian bawah sepatu. Bagian bottom ini biasa juga disebut sole. Bagian bottom tersusun atas bagian insole, bagian midsole, dan bagian outsole.

Proses Pembuatan Sepatu Dengan Cara Simpel

Dibawah ini merupakan cara maupun proses untuk pembuatan sepatu dengan cara yang simpel :

  • Cutting process
    Cutting process atau proses pemotongan merupakan proses pemotongan bahan baku sebelum dirakit menjadi bagian upper sepatu. Pada proses ini, bahan baku yang telah dipersiapkan (kulit, suede, canvas, dll) dipotong mengikuti pola dari sepatu yang akan dibuat. Pada proses pemotongan ini, pengrajin sepatu memerlukan alat pemotong yang biasa disebut sebagai cutting dies dimana bentuk dan ukuran dari alat ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan pola-pola potongan dari sepatu yang akan dikerjakan. Selain alat potong, pada proses ini, pengrajin juga memerlukan mesin potong atau yang biasa disebut cutting machine.
  • Sewing / Stiching
    Sewing atau proses penjahitan merupakan proses dimana bahan baku yang telah dipotong pada cutting prosess dijahit dan dibentuk menjadi upper sepatu. Proses penjahitan ini memerlukan banyak waktu pengerjaan dikarenakan tingkat kesulitannya yang tinggi. Selain itu pada proses ini juga membutuhkan ketelitian yang tinggi agar pola yang sudah di potong dapat menjadi bagian upper sepatu yang baik sehingga memudahkan pada proses perakitan sepatu.
  • Outsole Production
    Outsole production merupakan proses pembuatan outsole atau bagian terbawah sepatu (bagian yang sering kontak dengan tanah). Para pengrajin sepatu biasanya menggunakan beberapa bahan yang digabung pada pembuatan outsole. Hal ini bertujuan agar model sepatu serta warna dan fungsi dari sepatu sesuai dengan apa yang diinginkan. Bahan – bahan yang digunakan biasanya yaitu bahan plastic, karet, dan sponge. Jenis bahan yang digunakan pun sangat beragam, misalnya bahan plastic memiliki jenis TPR, jenis TPU, dan lain sebagainya.
  • Insole Production
    Insole production merupakan proses insole atau bagian dalam sepatu yang ada di bawah kaki. Proses pembuatan insole ini memerlukan kejelian dalam pemilihan bahan karena bagian insole inilah yang mempunyai peranan penting sebagai penentu kenyamanan sepatu ketika digunakan.
  • Stock Fitting
    Stock Fitting merupakan proses penggabungan bagian bottom sepatu atau penggabungan antara bagian midsole sepatu dan bagian outsole sepatu hingga menjadi bottom sepatu. Namun proses ini tidak sepenuhnya terjadi pada semua jenis outsole karana ada sebagian jenis outsole yang bisa langsung dirakit tanpa harus melewati proses stock fitting ini. Midsole yang harus melaui proses stock fitting ini ada midsole yang memiliki bahan dasar phylon. Midsole berbahan phylon ini akan dilem atau digabungkan dengan outsole yang memiliki bahan dasar karet atau rubber sole.
  • Assembly
    Assembly atau assembling merupakan proses dimana bagian-bagian sepatu dirakit menjadi satu. Pada proses ini bagian upper sepatu dan bagian bottom sepatu akan disatukan sehingga membentuk sepatu. Bagian upper sepatu merupakan hasil dari proses stitching sedangkan bagian bottom sepatu merupakan hasil dari proses stcokfit yang kemudian dirakit pada proses assembly ini agar menjadi bentuk sepasang sepatu.
  • Less
    Sepatu yang sudah masuk pada proses assembly atau perakitan bagian upper dan bagian bottom merupakan sepatu yang sudah sepasang dan memiliki size atau ukuran yang telah ditentukan. Namun para konsumen memiliki ukuran kaki yang berbeda-beda. Misalnya ukuran sepatu Orang Amerika pasti berbeda dengan ukuran kaki orang Asia. Oleh karenanya, pada proses ini para pengrajin sepatu menggunakan Laste. Laste ini berfungsi membuat bentuk sepatu supaya mengikuti kontur kaki. Dimensi laste pada setiap merek sepatu berbeda-beda walaupun size yang sudah ditentukan sebelumnya sama.
  • Penyatuan Upper dan Midsole
    Sepatu dengan bahan Phylon akan digabungkan dengan Upper menngunakan mesin Toelast dan Mesin Healast. Mesin Toelast atau Toelasting Machine berfungsi untuk menyatukan Upper dan Midsole dengan cara mengepress dan mengelem bagian ujungnya atau toe. Sedangkan mesin Healast atau Healast machine berfungsi untuk menyatukan bagian belakang atau heal dari Upper dan midsole dengan cara pengeleman dan Press juga. Namun, sepatu berbahan stroble tidak menggunakan mesin toelast dan mesin healast pada proses penyatuannya. Sepatu jenis ini menggunakan system penjahitan pada proses penyatuan bagian upper dan midsole nya. Upper dan midsole yang sudah disatukan dan memiliki laste pada bagian dalamnya, kemudian di panaskan atau melalui proses heating supaya bahan yang digunakan dapat tercetak mengikuti kontur dari permukaan laste.
  • Treatment Upper dan Bottom
    Sebelum melalui proses penyatuan, permukaan kontak atau contact surface dari upper dan bottom akan mengalami proses treatment. Proses treatment ini memiliki fungsi untuk membuka pori-pori permukaan dari bootom dengan cara disinari dengan sinar ultra violet atau sinar UV. Selain itu proses ini memiliki fungsi untuk membersihkan permukaan kontak, cementing, serta heating atau pemansaran.
  • Press
    Setelah melewati proses treatment, bagian Upper dan Bottom memasuki proses penyatuan. Pada proses penyatuan ini, bagian Upper dan Bottom disatukan dengan menggunakan mesin press.
  • Pendinginan
    Materirial atau bahan dari upper baik bahan syntethic ataupun bahan kulit secara teori akan mendapatkan treatment atau melewati proses heating agar bahan tersebut dapat mengikuti kontur dari permukaan laste. Kemudian bahan tersebut akan disatukan dengan bagian bottom menggunakan mesin press. Selanjutnya Laste tidak dipebolehkan untuk langsung dilepas. Bagian laste dapat dilepas setelah melewati proses pendinginan yang bertujuan untuk menghentikan perubahan pada bentuk material. Terdapat dua cara dari proses pendinginan. Pertama yaitu di dinginkan secara perlahan-lahan. Pada proses pendinginan perlahan, sepatu akan melewati mesin conveyer gantung yang panjang. Dalam mesin ini sepatu didinginkan mengunakan kpas angin dengan suhu ruangan normal. Kedua, melalui pendinginan cepat. Pada proses ini sepatu akan diletakkan diatas mesin conveyor dimana mesin ini akan berjalan melewati lorong yang suhunya chiller.
  • Finishing
    Proses finishing merupakan proses akhir dari proses pembuatan sepatu. Pada proses ini, sepatu akan melewati pemerikasaan kualitas. Sepatu yang telah lulus pemeriksaan kualitas selanjutnya akan di kemas ke dalam dus sepatu. Kemudian dus-dus sepatu tersebut akan disimpan ke dalam gudang tempat penyimpanan produk akhir atau final produk.

Proses Pembuatan Sepatu Dengan Cara Simpel | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: Proses Pembuatan Sepatu Dengan Cara Simpel

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sepatu James Untuk Berolahraga Harga Paling Murah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu James Untuk Berolahraga Harga Paling Murah *Mulai Rp 66.151
Ready Stock / SKW277
*Mulai Rp 66.151
Ready Stock / SKW277
QUICK ORDER
Sepatu Kuat Dan Kokoh Beckham Panther Termurah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Kuat Dan Kokoh Beckham Panther Termurah *Mulai Rp 76.769
Ready Stock / SKW260
*Mulai Rp 76.769
Ready Stock / SKW260
QUICK ORDER
Grosir Sepatu Sneakers Nike KW Terbaru

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu Sneakers Nike KW Terbaru *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW163
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW163
SIDEBAR