SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » Pengertian Sepatu dan jenis- jenis sepatu wanita

Pengertian Sepatu dan jenis- jenis sepatu wanita

Diposting pada 23 Maret 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 3 kali

Pengertian Sepatu dan jenis- jenis sepatu wanita

Para ahli sejarah memperkirakan sepatu dibuat pertama kali sekitar 5 juta tahun yang lalu dengan bahan dari kulit hewan, rumput ataupun semak-semak.

Seiring berjalannya waktu, manusia terus menyempurnakan bentuk sepatu. Hal itu dimaksudkan untuk lebih memberikan kenyamanan bagi para pemakainya.

Pengertian sepatu adalah jenis alas kaki (footwear) yang terdiri dari bagian-bagian sol, kap, tali sepatu, outsole, vamp atau upper, welt, tongue (lidah sepatu), lancing (tempat mengikatkan tali sepatu) dan lain lain.

Sepatu terbuat dari bahan seperti kulit/leather, kulit sintetis, kulit lak, suede, kulit buk, canvas, karet, nylon, bludru, denim, daur ulang sampah dan lain-lain.

Sepatu mempunyai fungsi untuk melindungi kaki dari kotoran berupa debu,krikil,atau bahkan lumpur.

Pengelompokkan sepatu dilakukan berdasarkan fungsi atau tipenya, seperti sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu dansasepatu olahragasepatu kerja, sepatu ortopedik dan sepatu minimalis.

Satuan untuk ukuran sepatu mengikuti beberapa standar dan berbeda di bagian-bagian dunia. Pengukuran ukuran sepatu seseorang biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat Brannock.

Sepatu untuk wanita memiliki beberapa jenis-jenis, diantaranya seperti :

  1. Sneakers.

 Pada awalnya jenis sepatu ini digunakan untuk tujuan olahraga. Seiring dengan perubahan jaman, saat ini sneakerstidak hanya digunakan untuk berolahraga saja, tetapi juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari. dengan banyaknya model dan varian sepatu ini dapat dipadukan dengan model busana apapun.

2. Flast shoes.

Flatshoes sangat disukai kaum wanita, dikarenakan solnya yang datar, sehingga nyaman saat digunakan karena tidak memiliki hak sehingga tidak pegal saat dipakai. Sepatu bisa digunakan pada saat santai, maupun untuk acara formal. Sepatu ini dapat dipadukan dengan busana yang akan dipakai sesuai denga acara ataupun kegiatan pengguna.

3. Boots.

Sepatu boots didesain dengan ukuran tempat kakinya yang sangat tinggi diatas mata kaki ataupun lebih, ada yang menggunakan heels ada juga yang tidak menggunakan heels. Dengan menggunakan sepatu boots kaki lebih terasa hangat karena terlingdungi dari cuaca dingin. Sepatu boots juga bisa dipakai ke acara santai maupun semi resmi.

4. High heels.

Sepatu high heels memiliki ciri khas pada alasnya yaitu memiliki hak yang lebih tinggi dibandingkan flatshoes. Bagi kaum wanita, high heels merupakan simbol keanggunan. Semakin tinggi semakin terpancar auranya. Ternyata High heels lebih dulu digunakan oleh kaum pria pada jaman dahulu seperti penunggang kuda. Seiring perkembangan jaman, sepatu High heels kini lebih banyak digunakan oleh kaum wanita.

5. Stilleto shoes.

Stilleto shoes salah satu jenis dari sepatu high heels yang banyak disukai wanita dewasa, dari bentuknya yang unik dan memancarkan keanggunan serta kesan seksi bagi pemakainya. Saat memakai sepatu ini kaki terlihat lebih jenjang dan panjang. Bentuk sepatu ini pada hak sepatunya yang lebih ramping dan tipis dan bagian depan sepatu yang runcing. Sepatu ini mulai populer di tahun 2000-an, sepatu ini dapat digunakan untuk menghadiri acara formal atau pesta.

6. Pump shoes.

Pump shoes merupakan kependekan dari Pumpkin shoes. Sepatu ini memiliki ciri khas yaitu membulat dibagian depan seperti labu. Pump shoes pertama kali hadir berwarna hitam, seiring berjalannya waktu hadir dengan berbagai variasi. Pump shoes dapat dipakai untuk acara resmi atau santai, tergantung pada jenis bahan ataupun hiasannya. Untuk acara resmi biasanya berbahan satin atau velvet dengan hiasan pita, batu-batuan, maupun kristal.

7. Ankle strap.

Ankle strap sepatu dengan model terbuka dan bertali pada bagian belakangnya. Ankle-strap biasa dipakai untuk acara semi resmi. Sepatu ini dapat dipadukan dengan rok maupun celana panjang, yang panjangnya tidak sampai menutupi mata kaki. Sehingga memperlihatkan bentuk dari Ankle strap.

 

 

8. Kitten heels .

Sepatu ini terlihat sangat simple dan nyaman, memiliki ukuran heels antara 3,5 cm sampai dengan 4,75 cm. Bagi mereka yang tidak terlalu menyukai high heels. seiring berjalannya perkembangan , kitten heels dapat digunakan untuk acara yang tidak formal sekalipun, dan disesuaikan dengan busana yang dipakai agar lebih menarik.

9. Slingback shoes.

Sepatu ini didesain  untuk memperlihatkan bagian tumit sampai ke bagian tengah kaki disebut juga dengan Half Slingback. Sedangkan desain yang memperlihatkan bagian tumit tiga per empat bagian bawah kaki disebut Full Sling Back. Fungsi Sling Back adalah untuk menjaga sepatu agar tidak mudah lepas saat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, dan dapat dibuka dengan mudah dengan melepas sambungan strap yang bersifat elastik dan buckle atau gesper.

10. Platforms shoes.

Platforms shoes bentuknya mirip dengan stiletto, tetapi memiliki ciri khas tersendiri pada bagian sol depan yang lebih tebal dan hak yang juga tebal. Sepatu ini tetap memperlihatkan efek jenjang dan ramping pada kaki. Sepatu platform dapat digunakan untuk menghadiri acara formal atau santai karena sifatnya yang memberikan kenyamanan.

11. Oxford heels.

Bentuk dari sepatu ini terbilang cukup unik, yaitu berbentuk setengah boots dimana atasnya tidak menutupi mata kaki . Sepatu Oxford heels identik dengan simpul tali dan detail jahitan yang terlihat dari permukaan sepatu. Sepatu ini biasanya terbuat dari bahan kulit. Seiring  berjalannya perkembangan waktu, sepatu oxford heels berbahan suededan patent. Bahan patent hampir sama dengan kulit, hanya saja permukaannnya lebih terang atau mengkilap.

12. Wedges.

Wedges didesain dengan sol tebal yang membentuk segitiga, dengan bagian depan rendah. Desain sepatu wedges pertama kali di dunia pada tahun 1937. Sepatu ini dapat diperuntukkan bagi pemakai yang merasa tidak nyaman dengan sepatu berhak kecil dan tinggi. Hak sepatu ini tidak mudah patah dan cocok bagi yang memiliki berat badan lebih.

13. Peep toe shoes.

Sepatu peep-toe adalah salah satu jenis dari High heels, sepatu ini memiliki lubang kecil berbentuk bulat yang akan memperlihatkan jari kaki, biasanya ibu jari atau jari tengah yang hanya akan terlihat. Pada bagian belakang sepatu pada umumnya tertutup, sehingga dapat digunakan untuk acara formal atau informal.

 

14. Open toe shoes.

Sepatu Open toe shoes juga salah satu jenis dari High heels. Sepatu jenis ini ujungnya lebih terbuka, sehingga memperlihatkan keseluruhan jari kaki pemakai. Untuk dapat memakai sepatu ini, pastikan jari-jari kaki Anda terawat dan bersih. Pada bagian belakang sepatu pada umumnya tertutup, sehingga dapat digunakan untuk acara formal atau informal. Keuntungan menggunakan sepatu ini adalah kaki tidak berkeringat sehingga lebih nyaman.

15. Mary janes shoes.

Bentuk dari sepatu Mary janes dapat berupa flat ataupun berhak. Pada sepatu ini terdapat tali di bawah pergelangan kaki, dengan ujung kaki bulat dan sedikit kotak. Sepatu ini terlihat sangat kasual. Jika dipadukan dengan legging, skinny jeans, rok mini, akan membuat penampilan terlihat cantik.

16. Loafer shoes.

Sepatu Loafer disebut juga dengan sepatu pantofel. Sepatu model loafers memiliki sol datar ataupun berbentuk selop. Untuk jenis loafer pada wanita biasanya berhak dan tidak terlalu tinggi. Haknya berbentuk kotak dengan bentuk sepatu yang tertutup.

 

17. French heels .

Sepatu French ini memiliki tinggi hak yang medium dengan bentuk lengkung dan kotak pada bagian bawah haknya. Banyak wanita menggunakannya, tapi tidak mengetahui namanya. Sepatu ini dapat digunakan untuk beraktivitas di kantor dan dipadukan dengan pakaian yang cocok.

18. T-Bar shoes .

Bentuk dari sepatu T-Bar ini berbeda dengan ankle strap atau stiletto, dikarenakan  sepatu ini memiliki tali pengikat yang berada pada tengah-tengah pergelangan dan jari kaki berbentuk huruf T. Sepatu ini dapat digunakan untuk acara formal maupun kegiatan santai lainya, disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

19. Selop/Mule .

Model sepatu Mule sangat mudah digunakan karena hanya tertutup pada jari-jari kaki, tidak pada tumit. Pada bagian jari kaki dapat seluruhnya tertutup atau berupa open toe atau peep hole shoe. Sepatu jenis ini dapat disesuaikan pada situasi apapun. Dengan bagian belakang terbuka dan menyerupai sandal ini dapat digunakan bila ingin tampil santai tetapi ingin tetap berkesan sopan.

20. Slippers.

Sepatu slipper didesain cukup elegan sehingga pantas digunakan untuk sekedar hangouts atau untuk acara formal, karena sangat nyaman. Sepatu model ini dapat dipakai wanita juga pria.

 

21. Sandal.

Mendengar kata sandal, pasti yang terlitas adalah sandal jepit. Sandal biasanya berbentuk flat dan bertali. Ternyata sandal dapat dikategorikan dalam beberapa jenis seperti Flip Flop, Thong Sandals, T-Strap Sandals, Slip-on Sandals, Gladiator, Heeled Sandals, Wedge Sandals, dan Sport Sandals. Untuk saat ini sandal jepit banyak digunakan di kalangan masyarakat. Sekarang Anda dapat memakainya untuk kegiatan sehari-hari.

22. Clog shoes .

Sepatu yang terbuat dari kayu atau biasa disebut clogs, saat ini septu Clog didesain dengan heels dan perpaduan dengan leather. Pernah menjadi trend di tahun 70-80an, kini clogs kembali menjadi salah satu sepatu slip-on yang banyak sukai. Dengan desain sangat stylish serta nyaman saat dipakai.

Dengan perkembangan dunia mode yang semakin pesat, sepatu kini tidak hanya berfungsi untuk melindungi kaki saja, tetapi menjadi penyempurnaan dari busana yang tidak bisa dipisahkan. Dari jenis-jenis sepatu diatas mana yang menjadi pilihan anda dalam beraktifitas. jangan lupa untuk mengukur ukuran kaki anda agar sesuai dengan sepatu yang akan dipakai. jangan dilupakan kenyamanan dalam memakai sepatu, jangan hanya karena ingin tampil modis anda tidak memperhatikan kesehatan dan kenyamanan kaki anda. Selamat berburu sepatu.

Pengertian Sepatu dan jenis- jenis sepatu wanita | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: Pengertian Sepatu dan jenis- jenis sepatu wanita

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Grosir Sepatu Nike Berkualitas Harga Murah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu Nike Berkualitas Harga Murah *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW131
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW131
QUICK ORDER
Sepatu Sneakers Nike KW Berkelas

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Sneakers Nike KW Berkelas *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW169
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW169
QUICK ORDER
Beckham Offroad Para Pecinta Gunung

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Beckham Offroad Para Pecinta Gunung Rp 88.000
Ready Stock / SKW296
Rp 88.000
Ready Stock / SKW296
SIDEBAR