SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Dan Bahaya Saat Berolahraga Tanpa menggunakan Sepatu

Manfaat Dan Bahaya Saat Berolahraga Tanpa menggunakan Sepatu

Diposting pada 19 Januari 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 23 kali

Saat berolahraga, kamu disarankan untuk mengenakan sepatu atau alas kaki. Memang ada beberapa olahraga tertentu seperti yoga atau pilates yang tidak perlu menggunakan alas kaki. Namun, hampir sebagian besar jenis olahraga umumnya perlu mengenakan sepatu. Alas kaki dibutuhkan saat berolahraga bukan tanpa alasan. Selain agar kamu bisa berolahraga dengan lebih nyaman, sepatu juga berguna untuk melindungi kaki dari berbagai hal yang mungkin saja bisa melukai kaki kamu. Berikut risiko bahaya olahraga tanpa alas kaki yang bisa kamu alami.

Manfaat Olahraga Tanpa Alas Kaki atau Sepatu

Memang berolahraga tanpa alas kaki atau sepatu diketahui punya efek yang menyehatkan seperti terapi. Menurut penelitian, berolahraga, terutama berjalan dan berlari tanpa alas kaki, bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Hal ini karena saat kamu berlari tanpa mengenakan sepatu, kamu akan menggunakan otot tambahan di kaki dan tungkai untuk menyeimbangkan tubuh. Dengan demikian, otot-otot kaki menjadi lebih kuat dan tubuh pun menjadi lebih seimbang. Selain itu, berolahraga tanpa alas kaki juga bisa mengurangi pembekuan dan pengentalan darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Bahaya Berolahraga Tanpa Sepatu

Namun demikian, kamu sangat tidak disarankan berolahraga tanpa alas kaki. Berikut alasannya:

1. Kaki Jadi Mudah Cedera

Ketika kamu berlari atau melompat saat berolahraga, kaki akan mengalami banyak hentakan. Bila kamu tidak mengenakan sepatu, bukan tidak mungkin akan ada pembuluh darah yang dipenuhi oleh sel darah yang menjadi rusak. Akibatnya, kaki kamu akan terasa nyeri dan mudah keseleo.

2. Kapalan

Dampak lainnya yang akan kamu rasakan bila berolahraga tanpa alas kaki adalah kulit kaki akan menebal atau kapalan. Kapalan merupakan respon tubuh untuk melindungi diri dari kerusakan. Kapalan yang muncul pada kaki tentu akan membuatmu tidak nyaman, bahkan mengganggu saat berjalan.

3. Kaki Tertusuk Benda Tajam

Tanpa alas kaki, kakimu tidak memiliki pelindung. Hal ini akan sangat berbahaya bila kamu berolahraga di luar ruangan, karena benda-benda tajam yang ada di jalan bisa menancap dan melukai kaki. Jadi, sebaiknya gunakanlah sepatu bila ingin jogging atau berjalan santai di luar rumah.

4. Mudah Terserang Kuman Penyakit

Berolahraga di dalam ruangan pun bisa menjadi berbahaya bila kamu tidak menggunakan alas kaki. Hal ini karena lantai tempat kamu berolahraga penuh dengan kuman dan bakteri. Kuman pun dapat dengan mudah masuk melalui kaki yang tidak terlindungi alas kaki bisa menyebabkan kamu mudah terserang penyakit.

Pentingnya Menggunakan Alas Kaki yang Tepat

Jadi, agar tidak mengalami 4 bahaya di atas, kamu dianjurkan untuk selalu menggunakan sepatu setiap berolahraga. Jangan mengenakan sembarangan sepatu, tapi pilihlah sepatu yang tepat yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Pasalnya, beda jenis olahraga membutuhkan alas kaki yang berbeda pula. Misalnya, hindari menggunakan sepatu lari biasa untuk bermain sepakbola. Saat bermain sepakbola, sepatumu akan mengalami banyak tekanan, apalagi bila kamu bermain di permukaan yang kasar seperti lapangan dengan rumput artifisial. Jadi, kenakanlah sepatu khusus sepakbola untuk mengurangi tekanan di kakimu dan juga agar terhindar dari bahaya olahraga tanpa sepatu.

Mengenakan sepatu yang tepat juga akan menghindarkanmu dari beberapa cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga seperti shin splintstendonitis achilles, dan lepuhan di kaki yang menyakitkan saat kaki melangkah.

Jadi, jangan malas untuk menggunakan sepatu ya setiap berolahraga. Bila kamu terluka saat berolahraga, kamu bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam

Memakai sepatu tanpa kaus kaki merupakan kebiasaan buruk yang dapat mendatangkan berbagai masalah. Namun kadang hal ini banyak dilakukan oleh sejumlah orang karena berbagai alasan.

Penggunaan sepatu tanpa kaus kaki ini kini juga meningkat karena dipicu oleh sejumlah trend. Dilansir dari Her, meningkatnya jumlah pengguna sepatu tanpa kaus kaki ini menyebabkan semakin banyak masalah jamur dan infeksi pada kaki terutama pada pria.

“Secara keseluruhan, kami melihat bahwa semakin banyak pria yang datang karena kasus yang disebabkan alas kaki tak cocok, bahkan tak sedikit yang memilih untuk memakai kaus kaki tanpa sepatu,” jelas Emma Stevenson, podiatris dari College of Podiatry pada The Telegraph.

“Tergantung tingkat keringat pada kaki, mungkin terdapat masalah dengan kaki terlalu lembap yang dapat menimbulkan infeksi jamur seperti kutu air,” terangnya.

Stevenson menjelaskan bahwa kebiasaan ini sungguh tak menyehatkan dan menyebabkan banyak masalah pada kaki.

“Secara rata-rata, kakimu bakal berkeringat setengah pint (sekitar seperempat liter) per hari. Jumlah itu sungguh sangat banyak tertumpah pada sepatu tanpa diserap oleh kaus kaki,” jelasnya.

Selain masalah kebiasaan tak memakai kaus kaki, Stevenson juga menyoroti hal lain pada kesehatan kaki saat ini. Banyak orang kini membeli sepatu yang dibuat secara asal-asalan sehingga timbul dampak buruk.

“Banyak sepatu yang dijual saat ini mungkin hanya memiliki lapisan kulit di atas namun di dalan terdapat materi sintetis yang tak dapat bernapas,” jelas Stevenson.

“Jika lapisan sepatu tak memungkinkan kaki bernapas, maka kelembapan, panas, serta bakteri bakal terperangkap di dalamnya,” tandasnya. [RWP]

Jadi Waspadalah dan cermatlah

Manfaat Dan Bahaya Saat Berolahraga Tanpa menggunakan Sepatu | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: Manfaat Dan Bahaya Saat Berolahraga Tanpa menggunakan Sepatu

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Grosir Sepatu Adidas Harga Murah Gila

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu Adidas Harga Murah Gila *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW134
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW134
QUICK ORDER
Sepatu Sneakers Adidas Neo KW

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW171
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW171
QUICK ORDER
Sepatu Nike KW Harga Dibawah Rata-Rata

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Nike KW Harga Dibawah Rata-Rata *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW135
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW135
SIDEBAR