SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana

Diposting pada 11 Juni 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 15 kali

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Hidroponik telah berkembang dan semakin pesat semenjak pertama kali diperkenalkan oleh Dr. WF. Gericke dari Universitas California, Amerika Serikat. Metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah ini diminati oleh banyak orang untuk tujuan komersial atau sebatas menyalurkan hobi.
Kini cara menanam hidroponik telah mempunyai beberapa sistem dengan praktik yang paling mudah hingga tingkat kesulitan yang tinggi. Dengan menanam memakai cara hidroponik, maka hasil panen akan lebih cepat. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa aspek lain, yaitu ketepatan dalam pemberian nutrisi, intensitas cahaya, dan juga suhu di sekitar tanaman tumbuh. Bagi pemula, hal yang harus Anda perhatikan adalah air nutrisi yang benar-benar tepat dan dapat terserap dengan sempurna.
Jenis Tanaman yang Sesuai untuk Hidroponik
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Walaupun media tanamnya bukan tanah, jenis tanaman yang dapat dikembangkan secara hidroponik sangat bervariasi, contohnya sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Yuk, cek beberapa pilihan tanaman yang bisa ditanam sendiri di rumah dengan teknik hidroponik.
1. Selada
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Selada merupakan tanaman yang populer ditanam secara hidroponik. Sayuran hijau ini termasuk cepat tumbuh, yakni dapat tumbuh hanya dalam dua minggu setelah penanaman. Meskipun mudah dan cepat tumbuh, hasil panen selada dengan cara hidroponik bisa sangat baik dan berkualitas. Selada juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit, sehingga cocok ditanam di lahan yang terbatas.
2. Sawi
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Sawi juga merupakan sayuran yang mudah ditanam dengan teknik hidroponik. Si hijau ini cukup digemari dan sering dijumpai di berbagai menu makanan. Menanam sawi sendiri di rumah akan menghemat biaya pengeluaran dapur Anda.
3. Kangkung
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Kangkung adalah contoh sayuran berikutnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Cara menanam dan merawatnya tidak ribet, sehingga Anda bisa menanamnya dalam jumlah besar.
4. Tomat
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Tomat termasuk sayuran yang sering digunakan dalam berbagai resep masakan. Selain memiliki rasa yang lezat, si merah yang mengandung banyak lycopene dan vitamin C ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi, mengapa tidak menanamnya sendiri di rumah?
5. Stroberi
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Dilansir dari Green and Vibrant, stroberi mudah ditanam secara hidroponik karena sistem akarnya yang kecil-kecil. Jika Anda adalah seorang pemula dalam melakukan teknik hidroponik, sistem wick adalah pilihan terbaik untuk menanam stroberi karena tidak memerlukan pompa air atau pemasangan irigasi yang rumit.
6. Kaktus
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Siapa bilang hidroponik hanya untuk sayuran dan buah-buahan? Tanaman hias pun bisa ditanam secara hidroponik, contohnya kaktus. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air dan bisa tumbuh dalam kondisi kering. Karakteristik tersebut membuat kaktus cocok ditanam secara hidroponik.
7. Lidah buaya
Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana – Ingin menanam sesuatu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda? Lidah buaya bisa menjadi pilihan karena bisa dimanfaatkan untuk membantu melembapkan kulit dan juga bisa diolah menjadi es buah yang menyegarkan. Tanaman ini juga membantu membersihkan udara di dalam ruangan.
Media Tanam Hidroponik
Meskipun teknik hidroponik tidak menggunakan tanah, Anda tetap membutuhkan media tanam untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Dilansir dari Epic Gardening, berikut ini beberapa jenis media tanam yang dapat menunjang pertumbuhan akar dan mempertahankan air dengan baik.
1. Sekam Bakar
Sekam bakar merupakan kulit padi yang dibakar agar bebas dari hama dan bibit penyakit lainnya. Sekam bakar mampu menyimpan air, nutrisi, dan oksigen dengan baik sehingga cocok digunakan untuk menanam sayuran secara hidroponik.
2. Rockwool
Rockwool adalah serat yang dikumpulkan hingga membentuk seperti busa atau spons. Rockwool digunakan sebagai media tanam hidroponik karena mampu menyerap nutrisi dari air dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama, mulai dari pembenihan sampai tanaman tumbuh membesar.
3. Sabut Kelapa
Sabut kelapa memiliki daya serap tinggi sehingga kuat menampung cadangan air. Media tanam ini juga memiliki kandungan unsur-unsur yang penting bagi tanaman seperti fosfor, kalsium, kalium, dan natrium.
4. Spons
Spons merupakan media tanam yang memiliki daya serap air yang bagus, jadi biasanya digunakan saat pembenihan. Media tanam ini disarankan untuk tanaman yang memiliki ukuran kecil.
Pupuk dan Nutrisi Hidroponik
Media tanam yang digunakan untuk bercocok tanam hidroponik perlu mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman, seperti nitrogen dan fosfor. Selain itu, pupuk nutrisi hidroponik juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan daun-daun kering dan mengikuti beberapa langkah berikut ini.
1. Kumpulkan daun-daun kering di sekitar rumah Anda hingga jumlahnya mencapai satu karung. Kemudian haluskan dan simpan di dalam wadah.
2. Siapkan bahan-bahan lain yang diperlukan yaitu satu bongkah gula merah, 20 L air bersih, dan 100 cc dekomposer yang bisa Anda dapatkan di toko tanaman.
3. Haluskan gula merah dan masukkan ke dalam wadah berisi daun-daun kering yang telah dihaluskan. Kemudian aduk sampai tercampur rata.
4. Tuangkan air sampai berbentuk adonan cair. Masukkan dekomposer, lalu aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
5. Tutup wadah dengan rapat dan diamkan selama 10 hari.
6. Setalah 10 hari, pupuk nutrisi hidroponik yang Anda buat siap untuk digunakan

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sandal Pria Maskulin

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 38.250
Ready Stock / SKW370
*Mulai Rp 38.250
Ready Stock / SKW370
QUICK ORDER
SEpatu Keren berkuwalitas

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 62.500
Ready Stock / SKW326
*Mulai Rp 62.500
Ready Stock / SKW326
QUICK ORDER
Grosir Sepatu Adidas KW Harga Murah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu Adidas KW Harga Murah *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW187
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW187
SIDEBAR