SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » AMPUH!!! Cara Mengembalikan Semangat Yang Telah Pudar

AMPUH!!! Cara Mengembalikan Semangat Yang Telah Pudar

Diposting pada 10 Januari 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 14 kali

AMPUH!!! Cara Mengembalikan Semangat Yang Telah Pudar

Tidak sedikit orang yang mulai kehilangan semangat hidup atau down dikarenakan berbagai peristiwa yang mereka alami. Seperti kehilangan orang terkasih, tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, tidak adanya perhatian dari orang lain hingga ketidakmampuan menggapai cita-cita yang diidam-idamkan.

Tak heran, orang yang patah semangat malas melakukan aktivitas dan lebih senang menyendiri. Juga tidak punya harapan karena merasa apa pun yang dilakukannya akan gagal. Sungguh berbahaya, bukan?

 

Tentunya, seseorang yang turun semangat hidupnya memerlukan motivasi untuk melecutkan kembali api di dalam dirinya. Api ini perlu terus membara agar dia selalu bersemangat dan bergairah dalam bertindak.

Bila Anda juga mengalami hilangnya gairah hidup, artikel ini untuk Anda. Berikut ini beberapa cara mengembalikan semangat hidup agar hidup Anda menjadi lebih berwarna seperti sebelumnya.

1. Lawan Ketakutan Anda
Semangat hidup yang turun jika berlanjut ke tingkat yang lebih parah dapat menyebabkan depresi yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, jujurlah pada diri sendiri jika Anda memang memiliki permasalahan mental.

Jangan pernah lari dari kenyataan. Seperti halnya sakit secara jasmani, sakit secara mental juga normal. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah menghadapinya dan mencari obatnya. Sebisa mungkin lawan ketakutan, kegelisahan atau hal-hal yang menurunkan semangat hidup yang Anda alami.

Sebagai contoh, jika Anda takut gagal lagi dalam wawancara kerja, lawan ketakutan tersebut dengan mempersiapkan diri yang lebih baik. Teruslah juga kirim surat lamaran kerja ke sejumlah perusahaan yang relevan dengan keahlian dan latar belakang pendidikan Anda.

2. Bicarakan Masalah Anda
Salah satu cara awal untuk mengobati depresi ataupun untuk lebih bersemangat dalam hidup adalah membicarakan permasalah ini dengan orang lain. Anda bisa membicarakan dengan keluarga, sahabat, pasangan atau orang yang memang ahli secara psikologi.

Membicarakan permasalahan yang dialami dapat meringankan beban Anda. Hindari untuk berpikir sendiri ketika Anda mengalami masalah, terlebih jika ini berhubungan dengan kesehatan mental Anda.

Curhat atau sharing dapat membantu Anda menemukan solusi dari sudut pandang orang lain. Kombinasikan opini mereka dengan pemikiran Anda sendiri agar mendapat jalan keluar yang paling baik untuk Anda.

3. Ingat Kembali Tujuan Hidup
Seperti lirik yang pernah dilantukan oleh salah satu band Indonesia bahwa “mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia” itu memang benar adanya. Salah satu cara untuk mengembalikan semangat hidup adalah dengan bermimpi atau memiliki tujuan hidup yang jelas.

Dengan tujuan hidup yang jelas, Anda dapat merencanakan langkah apa saja yang hendak Anda ambil setiap harinya agar semakin dekat dengan tujuan tersebut.

Jadi, ingat kembali tujuan (goal) hidup Anda. Baik itu tujuan hidup jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya, tujuan hidup yang berkaitan dengan spiritual, karier, keluarga, finansial, atau kesehatan.

4. Berpikir Positif
Tanamkan pikiran yang positif dalam diri Anda agar Anda semakin percaya diri untuk mengambil keputusan. Setiap hal memang memiliki resiko yang baik dan buruk. Dengan berpikir positif, bukan tidak mungkin hal yang buruk akan menjadi baik ketika Anda melihatnya dari sudut yang berbeda dan keyakinan yang lebih positif.

Turunnya semangat hidup kadang kala dipengaruhi oleh ketakutan dan pikiran negatif untuk melangkah maju. Pikiran positif akan membuat Anda semakin yakin dan menghilangkan dominasi perasaan ragu.

5. Temukan Motivasi
Agar hidup lebih menjadi semakin bersemangat, Anda memerlukan suntikan motivasi. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan motivasi dari luar diri. Misalnya saja dengan mengikuti seminar motivasi yang diadakan oleh seorang motivator terkenal.

 

Motivator memiliki pengalaman yang setidaknya sama dengan yang Anda alami. Oleh sebab itu mereka juga akan lebih mengetahui di titik mana semangat Anda perlu dibangkitkan. Tak hanya motivator seminar, motivator juga dapat ditemukan secara gratis di channel YouTube atau yang biasa dikenal dengan influencer.

Beberapa kata motivasi dan film juga dapat menjadi inspirasi untuk membuat semangat hidup semakin meningkat. Tak hanya itu, mengelilingi diri dengan lingkungan pergaulan yang positif juga dapat menjadi solusi untuk membuat hidup makin bersemangat.

6. Bersyukur Secara Rutin
Bersyukur adalah hal termudah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan semangat hidup yang telah hilang. Tidak perlu menunggu hal besar terjadi untuk bersyukur. Anda dapat memulainya dengan hal-hal yang kecil yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Bernapas dengan normal ataupun dengan lancar membuang hajat ke belakang pun bisa dijadikan topik yang patut disyukuri. Tidak pernah terbayang bukan jika Anda harus bernapas atau BAB dengan bantuan alat karena Anda tidak dapat melakukannya secara normal?

Selain bersyukur secara rutin, imbangi juga dengan beribadah secara rajin. Paling tidak ibadah akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Dengan begitu Anda akan menjadi lebih mudah menentukan langkah hidup selanjutnya.

7. Catat Prestasi Anda
Selain bersyukur, untuk meningkatkan semangat Anda dapat mengingat kembali keberhasilan apa saja yang telah Anda capai hingga detik ini. Tak hanya mengingat, Anda dapat mengambil secarik kertas atau buku dan alat tulis untuk mencatatnya.

Beberapa pencapaian, baik kecil maupun besar, dapat Anda tulis. Misalnya:

berhasil menjadi juara kelas
mendapat nilai terbaik waktu kuliah
membantu orang yang membutuhkan
membelikan barang impian orang tua
Atau apa saja yang membuat Anda tersenyum dan puas ketika mengingatnya.

Penilaian positif dari orang lain yang mengenal Anda pun dapat dimasukkan ke dalam daftar small wins ini. List dapat menjadi daftar motivasi yang mencerahkan hari-hari Anda karena Anda banyak melakukan hal positif sebelumnya.

8. Traveling
Pergi berlibur atau traveling dan keluar dari tempat Anda selama ini juga merupakan cara yang ampuh untuk menambah semangat. Keluar dari rutinitas, menemukan suasana baru dan orang baru dengan ceritanya masing-masing dapat menyegarkan kembali pikiran Anda.

Seperti halnya novel Eat, Pray and Love, mungkin selama di perjalanan tersebut Anda akan mendapatkan pembelajaran dari cerita orang lain atau pengalaman hidup yang Anda alami selama traveling.

Ketika berlibur, jauhkan diri Anda dari sosial media. Tak hanya berpindah jasmani di lain tempat, berlibur juga memindah pikiran Anda dari hiruk pikuk sosial media untuk sementara waktu. Temukan diri Anda yang baru selama dalam perjalanan!

9. Pelihara Hewan
Cara lain untuk mengembalikan semangat hidup adalah dengan mengadopsi atau merawat binatang peliharaan. Banyak studi yang menyatakan bahwa memelihara binatang dapat membantu untuk mengurangi resiko kematian dan hal yang menyenangkan untuk orang penyendiri.

Tak hanya itu, pemilik hewan peliharaan dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi di dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat menurunkan depresi yang dialami oleh seseorang.

Niscaya, melihat kelakuan lucu hewan peliharaan Anda –misalnya anjing ataupun kucing– akan membuat hati menjadi semakin terhibur. Namun jangan lupa untuk bertanggungjawab perihal makanan, perawatan kesehatan dan kebutuhan lain dari binatang kesayangan ini ya!

10. Jaga Kesehatan
Banyak list yang perlu dicentang pada poin menjaga kesehatan untuk membuat hidup menjadi lebih bersemangat. Di antaranya adalah berolahraga, makan makanan yang sehat, berjemur secara rutin, merawat diri hingga istirahat yang cukup.

Olahraga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan hormon endorphin yang dapat menambah perasaan senang dan nyaman. Dipadu dengan rutin berjemur di pagi hari yang bermanfaat untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh, olahraga dan berjemur dapat mengurangi depresi atau hilangnya semangat hidup.

Itulah tadi sepuluh cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan semangat hidup yang telah memudar. Tanpa adanya semangat hidup, maka Anda hanya akan menjadi mayat hidup tanpa emosi dan keinginan.

 

AMPUH!!! Cara Mengembalikan Semangat Yang Telah Pudar | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: AMPUH!!! Cara Mengembalikan Semangat Yang Telah Pudar

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sepatu Anak Kekinian

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

sepatu anak kekinian *Mulai Rp 56.500
Ready Stock / SKW345
*Mulai Rp 56.500
Ready Stock / SKW345
QUICK ORDER
Sepatu Sneakers Adidas KW Navy Color

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Sneakers Adidas KW Navy Color *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW1229
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW1229
QUICK ORDER
Sepatu Sneakers Adidas Grey Red Termurah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Sneakers Adidas Grey Red Termurah *Mulai Rp 57.505
Ready Stock / SKW279
*Mulai Rp 57.505
Ready Stock / SKW279
SIDEBAR