SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » 9 Tips Merawat Sepatu yang Jarang Dipakai

9 Tips Merawat Sepatu yang Jarang Dipakai

Diposting pada 27 Januari 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 20 kali

Tips Merawat dan Menyimpan Sepatu agar Awet

Sepatu yang tak dipakai bukan berarti bebas perawatan, lho! Justru ada kiat tersendiri agar sepatu tetap dalam kondisi baik walau tak dipakai dalam waktu lama.

Yuk, simak tips merawat sepatu yang jarang dipakai berikut!

1. Bersihkan terlebih dahulu

tips merawat sepatu yang jarang dipakai
Source: apartmenttherapy.com

Tips merawa sepatu yang pertama adalah memastikan kebersihannya. Pastikanlah sepatumu dalam keadaan bersih sebelum menyimpannya, terlebih jika kamu jarang menggunakannya seperti di saat pandemi sekarang ini.

Singkirkanlah kotoran dan debu-debu yang menempel pada seluruh bagian sepatu. Jika menyimpannya dalam keadaan kotor, sepatu akan cepat rusak dan dapat menimbulkan bau tak sedap.

Hindari juga menyimpan sepatu dalam keadaan masih basah, ya! Jika baru dicuci pastikanlah sepatu benar-benar kering sebelum disimpan.

2. Ganjal sepatu dengan kertas

tips merawat sepatu yang jarang dipakai
Source; highsnobiety.com

Dalam merawat sepatu yang jarang digunakan, nih, mengganjal bagian dalamnya adalah hal penting. Kamu bisa mengisi bagian dalam sepatu dengan buntalan kertas ataupun pengganjal khusus sepatu.

Dengan begini, bentuk sepatumu akan terjaga walaupun tak dipakai dalam waktu lama. Selain itu, hal ini untuk mencegah berbagai hewan kecil bersarang di bagian dalam sepatu. Kamu pasti nggak mau, kan, saat pakai sepatu ada sarang laba-laba? Hii!

3. Jangan menumpuknya

Source: walmart.com

Apakah kamu sering menyimpan sepatu dengan menumpuknya? Walaupun cara ini memang hemat tempat, tapi nggak baik untuk kondisi sepatumu, lho!

Menumpuk sepatu akan membuat bentuk sepatu berubah dan cepat rusak, terutama yang berbahan lembut. Belum lagi jika sepatu yang berada di atasnya dalam kondisi kotor sehingga mengotori sepatu yang berada di bawahnya. Sayang banget, kan?

Pilihlah rak sepatu yang ukurannya sesuai dengan jumlah sepatumu. Susunlah sepatumu secara rapi dan bersebelahan tanpa menumpuk satu sama lain.

4. Jangan bungkus dengan plastik

tips merawat sepatu yang jarang dipakai
Source: pinterest.com

Mungkin kamu berpikir, nih, menyimpan sepatu dalam plastik akan melindunginya dari basah. Namun, menyimpan sepatu dalam plastik untuk jangka panjang adalah ide yang buruk, lho!

Plastik memang melindungi sepatumu dari luar, namun bahannya yang rapat akan membuat sepatumu lembap dan berjamur. Oleh karena itu, jangan menyimpan sepatumu yang jarang dipakai menggunakan plastik, ya.

5. Pilih rak yang miring

rak sepatu miring
Source: aliexpress.com

Tips merawat sepatu yang jarang dipakai selanjutnya adalah memilih rak sepatu berbentuk miring. Akan lebih baik lagi jika rak sepatunya juga berrongga.

Dengan rak sepatu yang miring dan berrongga, tuh, sepatu akan mudah untuk ‘bernapas’ meski disimpan bersama sepatu lainnya.

6. Simpan di dalam kotak

tips menyimpan sepatu tahan lama
Source: aliexpress.com

Rak sepatu nggak cukup menampung koleksi sepatumu? Tenang, kamu bisa simpan sepatumu dalam kotak agar tetap awet walau tak digunakan dalam waktu lama.

Menyimpan sepatu dalam kotak adalah cara terbaik untuk menjaga kondisi sepatu tetap awet. Kini banyak juga, kok, kotak sepatu yang bisa kamu temukan di online shop dengan berbagai ukuran.

Jika koleksi sepatumu banyak, tandailah kotak dengan menempelkan nama atau foto agar mudah mencarinya. Atau, kamu pun bisa menumpuk kotak sepatu sesuai jenis atau kebutuhan.

7. Simpan di suhu ruang

tips menyimpan sepatu
Source: pinterest.com

Tips merawat sepatu yang jarang dipakai selanjutnya adalah menyimpannya di suhu ruang. Hal ini untuk mencegah timbulnya aroma tak sedap dan cepat lembap.

Selain itu hindarilah menyimpan sepatu di tempat yang langsung terpapar matahari. Paparan sinar matahari akan membuat warna sepatu cepat pudar, lho!

8. Tambahkan silica gel

Source: aliexpress.com

Jika kamu menyimpan sepatu dalam kotak, jangan lupa letakkan silica gel di dalamnya. Silica gel berfungsi untuk mennjaga kelembaban dalam sepatu sehingga tak mudah bau dan berjamur.

BACA JUGA: 13 Jenis Sepatu Cowok yang Harus Kamu Miliki untuk Beraktivitas

9. Bersihkan secara rutin

mencuci sepatu
Source: thelavegallery,com

Tips merawat sepatu yang jarang dipakai terakhir ini juga nggak kalah penting, ya. Walaupun sekarang jarang bepergian, jangan lupa untuk selalu membersihkan sepatumu secara rutin.

Bersihkanlah sepatumu dari debu-debu dan kotoran sesuai jenis sepatunya. Pastikan juga tempat sepatunya selalu bersih dan nggak lembap agar sepatumu senantiasa awet.

Semoga Bermanfaat ya guys


9 Tips Merawat Sepatu yang Jarang Dipakai | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: 9 Tips Merawat Sepatu yang Jarang Dipakai

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sepatu Sneakers Wanita Grey Pink Color

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Sneakers Wanita Grey Pink Color *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW262
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW262
QUICK ORDER
Sepatu Cewek Realpick

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Jintu Model Korea Hits Saat Ini Rp 49.000
Ready Stock / SKW308
Rp 49.000
Ready Stock / SKW308
QUICK ORDER
Sepatu Safety Caterpillar Ujung Berisi Besi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 79.356
Ready Stock / SKW108
*Mulai Rp 79.356
Ready Stock / SKW108
SIDEBAR