SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » 8 Latihan Pernapasan untuk Kesehatan, Kalian Bisa Coba!

8 Latihan Pernapasan untuk Kesehatan, Kalian Bisa Coba!

Diposting pada 3 Maret 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 16 kali

Mungkin banyak yang belum mengenal latihan pernapasan. Padahal ada beragam latihan pernapasan dengan berbagai tujuan, misalnya untuk meningkatkan kesehatan paru-paru hingga menghilangkan stres.

Latihan pernapasan juga tidak banyak memakan waktu kalian seperti olahraga pada umumnya. Untuk memulai latihan pernapasan, kalian bisa melakukan satu teknik selama 2-5 menit dan bisa diulangi beberapa kali dalam sehari.

 

 

Berikut adalah 8 teknik latihan pernapasan yang bisa kalian coba sehari-hari untuk berbagai tujuan kesehatan seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Pernapasan Pursed Lip

Ini merupakan teknik pernapasan yang cukup sederhana tapi bisa membantu kalian meningkatkan fungsi paru-paru. Caranya mulai dengan rilekskan leher dan bahu kalian kemudian tarik napas perlahan melalui hidung dan pastikan bibir kalian tertutup.

Hembuskan napas pelan-pelan melalui bibir yang terbuka sangat kecil seperti hendak bersiul. Keluarkan napas sepelan mungkin, bahkan lebih lama dari saat menarik napas. Ulangi hingga beberapa kali.

2. Pernapasan Diafragma

Latihan pernapasan ini melibatkan diafragma dan bagian perut dan sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Cara melatihnya dimulai dengan duduk sambil bersandar dan letakkan satu tangan di perut dan lainnya di dada.

Tarik napas melalui hidung selama dua detik, dan rasakan udara membuat perut mengembang. Patut diingat bahwa perut harus lebih membusung daripada dada. Lalu hembuskan napas selama dua detik secara perlahan lewat bibir yang terbuka kecil. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali.

3. Lion’s Breath

Latihan pernapasan ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di dada dan wajah. Caranya mulai dengan duduk nyaman sambil bersandar, kemudian letakkan kedua telapak tangan di kedua lutut.

Pada saat bersamaan, buka mulut dengan lebar sambil menjulurkan lidah sepanjang mungkin. Hembuskan napas dengan membuat suara “ha” untuk mengontraksi otot di depan tenggorokan. Ulangi hingga dua atau tiga kali.

4. Pernapasan Vritti

Teknik pernapasan ini fokus untuk membuat durasi menarik dan menghembuskan napas sama panjangnya. Latihan ini dapat dimulai dalam posisi duduk, kemudian bernapas seperti biasa melalui hidung.

Hitung durasi saat menarik dan menghembuskan napas, dan usahakan durasi keduanya sama. Kalian bisa menambahkan jeda setelah menarik dan menghembuskan napas jika merasa nyaman. Ulangi teknik ini hingga lima menit.

5. Pernapasan Resonan atau Koheren

Latihan pernapasan ini bisa dilakukan untuk memaksimalkan variabilitas detak jantung, mengurangi stres hingga mengurangi gejala depresi jika digabungkan dengan yoga Iyengar.

Caranya dengan bernapas sambil berhitung sampai lima, kemudian menghembuskan napas sambil berhitung sampai lima. Ulangi pola bernapas ini sampai beberapa menit.

6. Pernapasan Sitali

Pernapasan ala yoga ini bisa membantu menurunkan temperatur badan dan juga menenangkan pikiran. Teknik ini bisa dilakukan dalam posisi duduk, dan mulai dengan menjulurkan dan menggulung lidah kalian agar sisi-sis luarnya menyatu. Jika tidak bisa, kalian cukup menutup mulut dengan rapat.

Kemudian tarik napas menggunakan mulut, dan hembuskan lewat hidung. Ulangi cara ini hingga lima menit.

7. Pernapasan Dalam

Pernapasan dalam atau deep breathing bisa meredakan napas yang terengah-engah dengan mencegah udara terperangkap di paru-paru dan membantu kalian menghirup udara yang lebih segar. Teknik ini bisa membantu kalian lebih rileks dan fokus.

Teknik ini bisa kalian lakukan sambil berdiri atau duduk dan tarik kedua siku agak ke belakang agar dada lebih membusung. Tarik napas yang dalam lewat hidung dan tahan napas sambil menghitung hingga lima. Setelah itu hembuskan napas perlahan lewat hidung.

8. Latihan Rib Stretch

Latihan pernapasan ini efektif untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Caranya dengan menghirup udara sebanyak mungkin dan tahan napas selama 10-25 detik. Ulangi teknik ini tiga kali sehari dengan durasi 2-5 menit per latihan.

Jakarta – Ada banyak sekali hal yang mengundang stres, seperti masalah keluarga, finansial, pekerjaan, hingga hubungan dengan pasangan. Stres memang wajar terjadi, tetapi tentu saja ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena kamu akan rentan mengalami depresi dan berbagai penyakit serius lainnya. Hal ini disebabkan karena saat stres, jantung akan lebih cepat berdetak yang menyebabkan peningkatan denyut nadi dan pernapasan.

Oleh karena itu, diperlukan kontrol emosi yang baik, agar kamu bisa mengatasi stres dengan lebih baik pula. Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengontrol emosi dan mengatasi stres adalah dengan berlatih pernapasan. Riset menunjukkan bahwa menarik napas sedalam mungkin saat sedang banyak pikiran atau dilanda stres mampu membuat kamu lebih tenang dan relaks.

Manfaat latihan pernapasan paling terasa pada pengidap asma, hipertensi, gangguan kecemasan, hingga beberapa penyakit kronis. Mengapa demikian? Ketika kamu menarik napas dalam-dalam, oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan memperlambat kerja jantung, sehingga aliran darah pun turut stabil.

(Baca juga: Tetap Puas Meski Sedang Banyak Pikiran)

Namun, ternyata bukan hanya karena peran oksigen dalam tubuh, saraf pengendali sistem pernapasan pun turut berperan dalam membuat tubuh lebih relaks saat kamu berlatih pernapasan. Sebuah studi bersama yang dilakukan oleh University of California dan Stanford University School of Medicine mengungkapkan bahwa ada peran saraf di bagian otak yang berfungsi mengatur sistem pernapasan, namanya kompleks pre-Botzinger.

Saraf ini berlokasi di batang otak bagian dasar yang sering disebut dengan pons. Fungsi dari saraf ini yaitu mengirimkan sinyal pada pons yang bertugas untuk mengontrol stres, kecemasan, dan perhatian. Bagian ini jugalah yang memengaruhi perubahan emosi kamu ketika tertawa terbahak, mengangis terisak, dan tersengal saat bernapas.

Cara Latihan Pernapasan untuk Mengurangi Stres

Berlatih pernapasan tidak sulit kok, kamu hanya butuh suasana yang tenang supaya kamu bisa merasa lebih relaks. Berikut ini adalah jenis latihan pernapasan yang bisa kamu ikuti supaya dapat merasakan manfaat latihan pernapasan secara maksimal:

1. Pernapasan Perut

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai pernapasan perut adalah berbaring senyaman mungkin. Selanjutnya, taruhlah satu tangan kamu di bagian dada, dan tangan lainnya di area perut. Kamu bisa mulai menarik napas sedalam mungkin melalui hidung hingga paru-paru kamu terasa penuh, kira-kira selama tiga detik.

Sembari menarik napas, rasakan bagaimana perut kamu akan mengempis, sementara bagian dada kamu akan terasa merenggang. Lalu, buanglah napas secara perlahan, kira-kira dalam hitungan empat detik. Lakukan berulang kali hingga kamu merasa lebih tenang.

 2. Pernapasan Hidung

Sebelum memulai berlatih pernapasan ini, sebaiknya carilah lokasi dengan lantai yang nyaman untuk kamu duduk. Tegakkan punggung kamu, tetapi jangan bersandar pada dinding. Lalu, tutuplah hidung bagian kanan kamu dengan ibu jari kanan dan hirup oksigen melalui hidung sebelah kiri sebanyak mungkin dengan perlahan.

Setelah kamu rasa cukup, tutuplah hidung bagian kiri dengan jari manis kananmu. Sementara itu, angkat ibu jari yang menyumbat hidung bagian kanan, dan buanglah napas. Lakukan sebanyak dan sesering mungkin sampai kamu merasa relaks. Tak hanya mengurangi stres, cara ini juga membantu kamu lebih fokus.

(Baca juga: Wanita Tidak Boleh Stres, Ini Dampaknya)

 3. Pernapasan “Squared”

Pernapasan “squared”, atau yang dikenal dengan istilah samavriti pranayama adalah teknik pernapasan yang paling mudah dilakukan. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah sebelum kamu pergi tidur. Tak lama kok, hanya butuh waktu sekitar 20 menit.

Caranya, cobalah duduk senyaman mungkin di atas tempat tidur kamu. Silangkan kaki dan tegakkan punggung kamu. Lalu, cobalah tarik napas sedalam mungkin selama tiga detik. Tahan, dan hembuskan. Lakukan berulang kali, tambahkan satu detik setiap kali kamu mengulangi gerakannya.

8 Latihan Pernapasan untuk Kesehatan, Kalian Bisa Coba! | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: 8 Latihan Pernapasan untuk Kesehatan, Kalian Bisa Coba!

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
Grosir Sepatu Badminton James JS Harga Termurah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu Badminton James JS Harga Termurah *Mulai Rp 57.505
Habis / SKW113
QUICK ORDER
Sepatu Anak Model Terbaru Saat Ini

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Anak Model Terbaru Saat Ini Rp 37.000
Ready Stock / SKW313
Rp 37.000
Ready Stock / SKW313
QUICK ORDER
Sepatu Badminton James Silver Color

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Badminton James Silver Color *Mulai Rp 58.373
Ready Stock / SKW274
*Mulai Rp 58.373
Ready Stock / SKW274
SIDEBAR