SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan, Bikin Tidur Nyenyak dan Atasi Stres

7 Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan, Bikin Tidur Nyenyak dan Atasi Stres

Diposting pada 21 Mei 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 13 kali

Lari merupakan satu di antara olahraga yang banyak diminati masyarakat. Untuk melakukan olahraga ini, kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Kamu juga tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai macam perlengkapan olah raga lari.

Setidaknya, kenakan sepatu olahraga yang sesuai dengan ukuran kaki dan pakaian yang nyaman, kamu sudah bisa melakukan olahraga satu ini. Plus, olahraga lari bisa dilakukan di manapun asal lintasan dalam keadaan aman.

Lari juga bisa menjadi pilihan sebagian besar orang yang sibuk atau ingin belajar membiasakan diri untuk olahraga.

Namun, sebelum melakukan olahraga lari, pastikan kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera saat berolahraga.

Walau bisa dibilang olahraga paling sederhana, melakukan aktivitas ini secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Beberapa manfaat lari untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat memperlancar aliran darah serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Lari mampu memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik.

Selain itu, manfaat lari bagi tubuh bisa menurunkan risiko dari segala macam penyakit berbahaya.

Berikut manfaat olahraga lari yang perlu kamu ketahui, dirangkum dari Dokter Sehat dan Men’s Health, Rabu (8/7/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan

1. Menyehatkan jantung

Ketika kamu melakukan olahraga lari, detak jantungmu akan berdegup lebih kencang dari normalnya. Hal itu menandakan bahwa jantung sedang dilatih agar lebih kuat. Oksigen akan mengalir bersama darah dan dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh.

Selain sirkulasi darah yang lancar, berlari menurut studi juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga menyehatkan jantung.

Melakukan aktivitas ini kamu bisa terhindar dari ancaman penyakit.

2. Otot kaki makin kuat

Manfaat yang didapat ketika berlari selanjutnya mampu meningkatkan fungsi dan kekuatan otot-otot kaki. Ketika berlari, langkahmu akan makin cepat dan membuat otot akan makin fleksibel bergerak.

Rutin melakukan aktivitas lari juga bisa memperbaiki struktur kaki dan koordinasinya sehingga memiliki bentuk yang atletis.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan

3. Mencegah obesitas

Olahraga lari bisa menjadi solusi bagi kamu yang mengalami obesitas. Olahraga lari sangat efektif untuk meluruhkan lemak karena lancarnya metabolisme.

Rutin melakukan olah raga lari dipercaya membuat lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan cepat berkurang secara efektif dan aman. Kamu pun akan terbebas dari risiko obesitas.

4. Meningkatkan stamina

Mungkin banyak yang beranggapan ketika melakukan olahraga lari dapat menurunkan stamina. Faktanya, melakukan aktivitas ini secara rutin dapat justru membuat tubuh bugar dan stamina membaik.

Hal itu dikarenakan aliran darah akan tersuplai secara baik ke seluruh tubuh sehingga kamu akan terhindar dari rasa lemas.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan

5. Atasi stres

Stres kerap muncul akibat masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, seperti pekerjaan, keluarga, dan masalah lainnya. Melakukan olahraga lari bisa menjadi solusi yang tepat untuk stres yang dirasakan.

Rutin melakukan olahraga, termasuk lari dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan berdampak baik pada kualitas hidup. Ketika kamu berolahraga lari, manfaat yang didapatkan bisa menurunkan risiko depresi.

Berlari mampu membuat mood atau suasana hati menjadi baik.

6. Meningkatkan Memori

Ingatan mulai berkurang? Sering lupa menaruh barang? Cobalah mulai berlari setiap hari. Sebuah studi di University of British Columbia pada 2014 mengungkapkan bahwa melakukan olah raga lari dan aerobik secara teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus.

Hippocampus merupakan area otak yang terlibat dalam memori verbal dan kognitif. Dengan kata lain, melakukan olahraga lari dapat meningkatkan ingatan.

Selain itu, melakukan olah raga lari juga dapat mencegah gejala Alzheimer.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan

7. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lain dari olah ragalari adalah mampu meningkatkan kualitas tidur. Menurut Journal of Adolescent Health pada 2012 menyebutkan bahwa seseorang yang melakukan olahraga jalan secara teratur di pagi hari menunjukkan peningkatan tidur yang lebih nyenyak.

Olahraga diketahui memicu peningkatan suhu tubuh dan penurunan suhu setelah olahraga dapat menyebabkan tertidur. Rutin berolahraga lari akan membuatmu memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

 

7 Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan, Bikin Tidur Nyenyak dan Atasi Stres | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: 7 Manfaat Olah Raga Lari bagi Kesehatan, Bikin Tidur Nyenyak dan Atasi Stres

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Grosir Sepatu KW Termurah se-Indonesia

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu KW Termurah se-Indonesia *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Sandal Wanita Kalem

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 33.750
Ready Stock / SKW369
*Mulai Rp 33.750
Ready Stock / SKW369
QUICK ORDER
Sepatu Nike KW Harga Sinting

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Nike KW Harga Sinting *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW208
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW208
SIDEBAR