SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Cara Mengapresiasi Karya Seni Di Pameran Dan Galeri Selain Selfie

5 Cara Mengapresiasi Karya Seni Di Pameran Dan Galeri Selain Selfie

Diposting pada 1 April 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 13 kali

Sebuah pameran atau galeri seni tentu berisi sederet karya seni yang dibuat oleh satu atau sejumlah seniman. Tujuan dibuatnya karya seni itu bisa bermacam-macam, misalnya sebagai medium ekspresi bagi sang seniman, baik yang berupa protes terhadap isu sosial maupun berupa ide atau gagasan tentang berbagai hal.

Nah, bagian menarik dari mengunjungi pameran karya atau galeri seni itu adalah kita seperti masuk ke alam pikiran sang seniman, untuk menyelami hal-hal lewat sudut pandangnya. Karena itu, sayang banget kan kalau cuma kita habiskan dengan foto-foto atau selfie seperti di pameran wahana selfie? Agar nggak cuma selfie di pameran atau galeri seni, cobalah untuk mengapresiasi karya seni dengan beberapa cara berikut ini yuk!

close

1. Ngobrol langsung dengan senimannya
Mengunjungi pameran seni adalah momen untuk melihat hal dari sudut pandang lain, yang dalam hal ini berarti sudut pandang sang seniman. Dedy Koswara, Deputy Head of Committeee Art Jakarta 2019 lalu juga pernah menyebutkan bahwa ngobrol dengan seniman adalah salah satu cara mengapresiasi karyanya. Seniman pun biasanya akan senang sekali menjelaskan pesan di balik karya-karya yang dipamerkannya itu.

2. Ikut tur keliling galeri
Biasanya, pameran atau galeri seni selalu memiliki program tur keliling galeri bagi pengunjung. Daripada bingung dan enggan membacai satu per satu deskripsi karya, ikut tur dengan pemandu ini bisa menjadi pilihan praktis menikmati karya seni. Pemandu akan menjelaskan dengan singkat, serta dengan istilah yang lebih umum sehingga kita pun jadi lebih mudah memahami karyanya.

[X]

360p geselecteerd als afspeelkwaliteit

×

Pemandu menjelaskan koleksi karya dalam pameran Xu Bing: Thought and Method di Museum MACAN

3. Taati aturan
Beberapa pameran seni tidak memperbolehkan pengunjung memotret karya. Alasannya antara lain konten yg sensitif, eksklusivitas, serta soal hak cipta. Jika ada aturan tak boleh bawa kamera atau dilarang memotret karya, sebaiknya dipatuhi saja, ya. Begitu juga aturan untuk tak boleh menyentuh karya apalagi sampai melangkahi pembatas dan menginjaknya!

Pembatas di karya instalasi Xu Bing yang berjudul “Tobacco Project” di Museum MACAN

4. Nikmati perlahan, hindari terburu-buru
Tonton sampai tuntas jika karyanya berupa film pendek, dan jelajahi satu per satu karya jika pamerannya menghadirkan karya seni visual atau rupa. Berinteraksilah dengan karya seni instalasi super fun yang kini banyak diciptakan oleh banyak perupa kontemporer, dan bersenang-senanglah! Kecuali ada aturan batas waktu kunjungan, Anda punya semua waktu di dunia ini selama kunjungan, kok!

5. Bagikan wawasannya di media sosial
Selain membagikan foto Anda selama berada di pameran, bagikan juga pengalaman yang Anda dapatkan dari kunjungan ke pameran atau galeri tersebut. Misalnya, ada instalasi menarik yang ternyata punya pesan di balik bentuk dan interaksi yang diciptakan, atau alasan Anda mengapa sebuah karya terasa begitu menarik bagi Anda.

Melihat karya seni yang menarik memang menggugah diri kita untuk memotretnya, atau berfoto dengan si karya tersebut. Namun akan lebih baik jika kita bisa mengambil wawasan juga dari kunjungan tersebut. Bisa dibilang, mengunjungi pameran seni merupakan latihan bagi kita untuk belajar memahami hal dari perspektif orang lain, termasuk dalam hal estetika yang wujudnya bisa berbeda-beda dan begitu subyektif. Anda juga jadi lebih mindful menikmati momen saat ini sehingga pikiran pun jadi lebih damai.

Yuk, rencanakan untuk mampir ke galeri seni  juga setiap kali berkunjung ke tempat baru!

5 Cara Mengapresiasi Karya Seni Di Pameran Dan Galeri Selain Selfie | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: 5 Cara Mengapresiasi Karya Seni Di Pameran Dan Galeri Selain Selfie

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sepatu Anak Keren Cocok dan Nyaman

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Anak Model Terbaru Saat Ini Rp 37.000
Ready Stock / SKW337
Rp 37.000
Ready Stock / SKW337
QUICK ORDER
Sepatu Sneakers Adidas Grey Red Termurah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Sneakers Adidas Grey Red Termurah *Mulai Rp 57.505
Ready Stock / SKW279
*Mulai Rp 57.505
Ready Stock / SKW279
QUICK ORDER
Sandal Kickers Slip On Real Picture Murah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sandal Kickers Slip On Real Picture Murah *Mulai Rp 54.840
Ready Stock / SKW247
*Mulai Rp 54.840
Ready Stock / SKW247
SIDEBAR