SEPATUKW.COM Toko Online Alas Kaki Branded KW Premium. SEPATUKW.COM Open Dropship dan Reseller. SEPATUKW.COM Jual Eceran dan Grosir Harga Termurah. SEPATUKW.COM Tangan Pertama Langsung Produsen. SEPATUKW.COM Garansi Barang Rusak Ganti Baru.
Beranda » Artikel Terbaru » 3 Prinsip untuk Menulis Artikel

3 Prinsip untuk Menulis Artikel

Diposting pada 8 April 2021 oleh sepatukw | Dilihat: 1 kali

Menulis merupakan perpaduan seni dan sains. Dalam artikel harus terdapat irama yang mengalir untuk dibaca, pun demikian dalam artikel juga harus terdapat informasi. Jangan sekadar menulis.

Seperti itulah kesan pertama yang disampaikan Wawan Sobari, pemateri tunggal dalam acara Pelatihan Menulis Artikel Politik Populer bagi Aktivis Organisasi Non-Pemerintah (NGO) di Kabupaten Malang.

Acara diselenggarakan FISIP Universitas Brawijaya dan Malang Development Watch (Madewa) dan bertempat di aula serbaguna Rumah Makan Zam-Zam Gondanglegi Kabupaten Malang, Selasa (14/8/2018).

“Menulis artikel itu memaksakan ide kita ke pikiran orang lain melalui artikel. Jadi ide dalam artikel harus unik, baru, dan memiliki nilai manfaat. Selain itu, artikel harus informatif, mudah dipahami, akurat, objektif, dan istimewa. Semuanya dimulai dari latihan,” tutur pemateri yang juga dosen di Universitas Brawijaya itu.

Ada lima elemen untuk membuat artikel yang baik. Pertama claim, yaitu pusat ide artikel. Biasanya itu terletak di awal artikel dan menjadi induk dari keseluruhan artikel. Kedua reasons, yaitu alasan penguat dari claim yang ditulis atau pernyataan pendukung dari ide artikel.

Ketiga evidence, yaitu data penguat dalam artikel atau pendukung yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Keempat acknowledge and respond, yaitu jawaban dan respons dari artikel yang dibuat.

Biasanya digunakan untuk menjawab apabila ada penulis lain yang menanggapi atau menyanggah artikel yang dibuat. Langkah terakhir adalah principle (warrant), yaitu gaya khusus artikel yang harus dipertahankan. Untuk prinsip terakhir biasa digunakan untuk penulis yang sudah andal.

“Untuk belajar, tiga prinsip awal saja cukup yaitu claim, reasons, dan evidence, “ ujarnya.

Yang tidak kalah penting adalah mengenal sifat media yang akan dikirimi artikel. Harus dibedakan media berbayar dan tidak. Itu termasuk mengetahui karakter media, jumlah kata dan huruf yang diizinkan, dan alamat surat elektronik yang digunakan.

“Pahami karakter media yang dituju. Baca dan rasakan artikel sebelum dikirim, apabila perlu minta seorang teman untuk mengoreksi,” tambahnya.

Adi Khisbul Wathon, ketua pelaksana kegiatan menjelaskan, kegiatan itu dilakukan untuk mendorong analisis kritis sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis bagi aktivis NGO di Kabupaten Malang.

“Diharapkan ada proses advokasi pada isu politik dan kebijakan melalui artikel di kalangan aktivis NGO dan tentu membudayakan budaya menulis,” katanya.

Kegiatan yang diikuti 40 peserta aktivis NGO se-Kabupaten Malang itu berlangsung pukul 09.00-12.00 dan disambut antusiasme peserta sejak pagi. Salah seorang peserta, Sunandar mengatakan, kegiatan seperti itu mampu mengasah daya menulis sekaligus ilmu baru.

“Pemateri asyik, dialog sangat interaktif. Tidak kecewa datang lebih pagi di acara ini karena bisa tahu ilmu agar artikel terbit di koran,” tutur pria asal Karangploso itu.

Nova Anggraeni
Mahasiswa Jurusan Agronomi
Universitas Muhammadiyah Malang
umm.anggareni.2014@gmail.co

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Cukup 3 Prinsip untuk Menulis Artikel, https://surabaya.tribunnews.com/2018/08/24/cukup-3-prinsip-untuk-menulis-artikel.

Editor: Endah Imawati

3 Prinsip untuk Menulis Artikel | SEPATU KW

Komentar dinonaktifkan: 3 Prinsip untuk Menulis Artikel

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sepatu Jintu Terkeren Dan Viral Saat Ini

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Jintu Terkeren Dan Viral Saat Ini Rp 50.000
Ready Stock / SKW304
Rp 50.000
Ready Stock / SKW304
QUICK ORDER
Grosir Sepatu KW Nike Harga Termurah dan Terlaris

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sepatu KW Nike Harga Termurah dan Terlaris *Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW211
*Mulai Rp 52.904
Ready Stock / SKW211
QUICK ORDER
Sepatu Sneakers Nike KW Berkualitas Dan Bermutu

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sepatu Sneakers Nike KW Berkualitas Dan Bermutu *Mulai Rp 54.629
Ready Stock / SKW219
*Mulai Rp 54.629
Ready Stock / SKW219
SIDEBAR